Selamat Hari Sumpah Pemuda

90
Selamat Hari Sumpah Pemuda

Pinjammodal.id – Selamat Hari Sumpah Pemuda Generasi penerus bangsa, setiap tanggal 28 Oktober, harus menjadi momen pengingat bagi para generasi muda mengenai perjuangan para pemuda. Sebab pada tanggal 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda pertama kali dideklarasikan dan menjadi momen yang bersejarah bagi seluruh masyarakat di Indonesia, terutama dalam hal membangkitkan semangat anak-anak muda. 

Yuk kita ingatkan kembali isi dari deklarasi Selamat Hari Sumpah Pemuda :

Pertama: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

Kedua: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

Ketiga: Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Dari deklarasi Sumpah Pemuda diatas, apa yang telah kita lakukan dan upayakan sebagai generasi muda dalam mempertahankan perjuangan para pemuda dimasa lampau?

Sebagai generasi yang disebut sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bisa menunjukan rasa Nasionalisme kita. Kita perlu mengambil banyak pelajaran berharga dari isi Sumpah Pemuda. Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan membanggakan produk lokal buatan asli Indonesia. Apalagi dewasa ini banyak anak-anak muda yang sudah menjalankan berbagai usaha lokal yang bisa membanggakan Indonesia dimata dunia. Namun tidak lupa dengan tanah kelahirannya.

Jika kita belum sempat untuk memproduksi barang lokal, kita bisa melakukan hal sederhana dengan membeli produk lokal dan mempostingnya di media sosial dengan berbagai tagar seperti #AkuCintaIndonesia #BanggaProdukLokal dan masih banyak lagi yang bisa kita tunjukan agar menumbuhkan rasa Nasionalisme para generasi muda.

Ayo bangkitkan semangatmu! Dan selamat hari Sumpah Pemuda. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here