Pinjammodal.id – Saat ini hampir semua kebutuhan manusia ditunjang oleh  aktifitas online. Semakin banyaknya pengguna online sampai-sampai kegiatan berjualan pun tidak lagi banyak dilakukan secara langsung, melainkan cukup dengan modal gadget dan koneksi internet kita sudah dapat melakukan kegiatan berjual beli. Dari sekian banyak aktifitas jual beli melalui online, salah satu channel yang bisa digunakan adalah media sosial. Media sosial memiliki berbagai macam fitur menarik sehingga berhasil memikat para pengguna setianya. 

Sahabat, tahukah kamu bahwa Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer. Menurut data yang dirilis Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna. Fantastis bukan? Tak hanya itu, Instagram juga memiliki kurang lebih 1 juta pemasang iklan aktif. Melihat data-data ini, tentunya menjadi lahan para pebisnis untuk memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media pemasaran mereka.

Sebelum kamu menggunakan Instagram sebagai media pemasaran bisnis, selami dulu fitur Instagram untuk bisnis, berikut ini :

Apakah Instagram Business Profile?

Business profile adalah akun Instagram yang telah dihubungkan dengan halaman bisnis Facebook-mu. Dengan profil bisnis, kamu bisa mendapatkan insight mengenai para pengikut dan postingan-mu, mempromosikan post, dan memungkinkan kamu menambahkan informasi-informasi penting pada profil kamu seperti info produk yang kamu jual, alamat bisnis dan juga info kontak.

Instagram Insights

Instagram Insight merupakan salah satu kelebihan instagram dibandingkan sosial media lainnya. Fitur ini bermanfaat untuk mengetahui performa akun yang kamu gunakan. Secara fungsional, fitur insight dianggap sebagai digital marketing tools, bagi para pengusaha online di Instagram. Fitur ini tidak secara langsung muncul di setiap akun instagram. Pengguna harus menggunakan business profile dengan cara, mengubah akun instagram menjadi  business profile melalui menu option, kemudian pilih switch to business profile.

Keunggulan dari Insight instagram ialah, dapat memberikan data-data dan informasi yang terbilang cukup lengkap mengenai karakteristik follower, efektivitas konten, dan dampak dari konten yang dibagikan di instagram. Data-data tersebut ditampilkan dan diberikan secara gratis oleh instagram, sehingga pengguna bisa menetapkan efektifitas konten yang dibuat dan senantiasa melakukan improvisasi agar menarik para customernya. 

Data dari insight yang diberikan instagram bagaikan penunjuk arah untuk bisa menentukan jalannya sebuah  bisnis. Adanya data yang valid memudahkan para pemilik usaha online melakukan analisa, evaluasi, dan perencanaan yang lebih baik untuk selanjutnya. 

Dalam fitur insight terdapat beberapa metrik yang perlu diketahui oleh user :

Profile analytics

Follower count: Jumlah orang yang mengikuti akun Instagram.

Impressions: jumlah berapa kali semua postingan Anda dilihat pengguna.

Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat beberapa postingan Anda.

Profile views: Jumlah berapa kali profil Anda dilihat.

Website clicks: Jumlah klik pada link website yang ada di bio profile Anda.

Call clicks / Email clicks: jumlah klik untuk to menghubungi atau mengirim email bisnis Anda.

Posts: Jumlah postingan yang sudah Anda publish.

Mentions: Jumlah posting Instagram yang menyebutkan akunInstagram Anda

Branded hashtags: Jumlah posting Instagram dengan tagar bermerek Anda

Instagram Post 

Impressions: jumlah berapa kali sebuah postingan dilihat pengguna.

Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat sebuah postingan

Likes: Jumlah pengguna yang menyukai sebuah postingan.

Comments: Jumlah komentar dalam sebuah postigan Anda.

Saved: Jumlah pengguna yang menyimpan sebuah postingan.

Engagement: Jumlah pengguna yang memberikan like (suka), save (menyimpan), atau  comment (komentar pada sebuah postigan)

Views: Jumlah views yang melihat postingan video

Instagram Stories

Impressions: Jumlah berapa kali foto atau video tertentu dilihat lewat stories Anda.

Reach: Jumlah pengguna yang melihat foto atau video tertentu di Instagram stories Anda.

Exits: jumlah berapa kali para pengguna pergi dari stories Anda

Replies: Jumlah balasan komentar di foto atau video tertentu pada stories

People insights: Daftar akun yang telah melihat foto atau video tertentu dalam stories Anda

Audience insights Instagram

Gender: Distribusi gender follower Anda (pria atau wanita)

Age: Distribusi usia pengikut Anda (13-17, 18-24, 25-34- 35-44, 45-54, 55-64, 65+).

Top locations: Lima kota dan negara teratas tempat follower Anda berada

Followers – Hours: Waktu rata-rata (dalam jam) follower Anda berada di Instagram pada setiap hari dalam seminggu

Followers – Days: suatu hari dalam seminggu ketika follower Anda paling aktif

Sahabat Pinjam Modal, setelah mengetahui fitur-fitur dari profil Instagram untuk bisnis, apakah kamu tertarik untuk mengkonversi akun bisnismu?. Kamu dapat mencoba fitur-fitur profil bisnis tersebut terlebih dahulu dan melihat apakah engagement-mu bertambah atau tidak. Selain itu pastinya terdapat hal-hal lain yang perlu diperhatikan seperti produk yang kamu akan jual dan kreatifitas dalam membuat konten menarik. Selamat mencoba ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here