Tips Aman Untuk Mencegah Kemasan Rusak Saat Pengantaran

45
Tips Aman Untuk Mencegah Kemasan Rusak Saat Pengantaran

Pinjammodalid – Dalam berjualan secara online, tentunya banyak memberikan keuntungan baik dari sisi penjual maupun pembeli. Bagi penjual, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli atau menyewa toko, dan bisa lebih mudah dalam memantau traffic penjualan dan juga mendapatkan testimoni dari pelanggan. Sedangkan bagi pembeli, tentunya dapat menghemat waktu dengan tidak perlu mengunjungi toko, ditambah kondisi saat ini dimana mengharuskan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dirumah aja.

Namun disamping kemudahan yang ada, perlu diperhatikan beberapa detail penting dalam berjualan online. Yakni pengiriman produk dari penjual ke pembeli. Sebab, banyak nya keluhan dari pelanggan yang berasal dari pengiriman yang tidak tepat waktu dan juga barang yang rusak saat pengiriman.

Berikut ini kami ingin membagikan tips agar kemasan aman saat pengantaran.

  1. Manfaatkan stiker simbol pengantaran untuk barang-barang tertentu

Dalam ekspedisi pengantaran, setiap perusahaan ekspedisi biasanya memiliki stiker-stiker yang menunjukan symbol atau tanda untuk sebuah barang. Stiker ini berupa peringatan yang sangat penting, agar kurir memperlakukan barang tersebut sebagaimana mestinya.

Jika kamu ragu dengan stiker dari perusahaan ekspedisi tersebut, kamu bisa mencetak stiker sendiri yang berupa peringatan bagi  kurir pengantar agar tidak melakukan kesalahan yang bisa merusak barang yang akan dikirimkan ke pembeli.

  1. Berikan extra notes
Tips Aman Untuk  Mencegah Kemasan Rusak Saat Pengantaran

Jika kamu belum sempat untuk mencetak stiker khusus, kamu bisa memakai alternatif mudah. Kamu bisa menyisipkan notes yang bertuliskan tanda peringatan untuk kurir maupun pembeli saat menerima paket atau barang dari toko kamu. 

Disamping itu kamu juga bisa menyelipkan kata-kata yang membuat pembeli kamu jatuh hati, seperti ucapan ‘Terima kasih telah berbelanja di toko kami’ , dan sebagainya.

  1. Gunakan Kotak kayu untuk barang pecah belah

Jika jenis usaha kamu banyak menjual perabot yang mudah pecah, kamu bisa melindungi produk kamu dengan kotak kayu, sebagai kemasan terluar dari produk kamu. Selain aman, packing kayu juga dapat mecegah kerusakan pada barang kamu.

Tentunya diperlukan biaya yang lebih besar untuk menggunakan kemasa kayu, tapi hal ini lebih baik ketimbang produk kamu rusak sebelum diterima pembeli dan menimbulkan keluhan dari pembeli. Kamu pilih mana?

  1. Gunakan bubble wrap

Saat ini penggunaan bubble wrap sudah sangat lumrah dikalangan penjual online. Gunakan bubble wrap apabila produk kamu merupakan produk yang mudah hancur atau pecah.

Semakin tebal maka semakin aman. Harga bubble wrap juga cukup terjangkau. Untuk bubble wrap ukuran 30cmx10m  dengan berat 10gram, kisaran harga 8000 – 12000 Rupiah. 

  1. Tambahkan asuransi untuk produk-produk khusus

Jika kamu menjual produk khusus atau memiliki nilai jual yang tinggi, baiknya kamu menambahkan asuransi dalam pengiriman produk. Asuransi dapat mencegah kerugian, jika terjadi kerusakan atau kehilangan saat pengiriman. Saat ini sudah banyak perusahaan ekspedisi yang memiliki asuransi. Sehingga kamu tidak perlu bingung mencari asuransi secara terpisah. 

Itulah beberapa tips aman agar barangmu sampai dengan utuh tanpa ada kerusakan saat pengiriman. Dengan keutuhan produk yang diterima oleh pembeli, pastinya kamu bisa mendapatkan ulasan atau testimoni yang baik juga dari para pembeli kamu. Pembeli senang, kamupun ikut senang. Semoga bermanfaat, sahabat. #MakeImpactForOthers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here