Tips Ampuh Menangani Komplain Pelanggan

18
Tips Ampuh Menangani Komplain Pelanggan

Dalam menjalankan usaha pasti semuanya pernah mendapatkan komplain dari pelanggan. Nah, di sini kamu akan dinilai bagaimana cara merespon komplain tersebut. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha harus memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan atau situasi ini agar konsumen bisa tetap bisa percaya dan tak berpaling dari tokomu.

Menghadapi ketidakpuasan, kritik, atau keluhan pelanggan ini harus ditangani dengan sebaik-baiknya, karena jika tidak, nantinya dengan mudah pelanggan akan berpindah ke kompetitor lain dan tentunya ini bisa berdampak bagi pelangganmu yang lain. Apabila tidak diatasi dengan cepat dan tepat bisa saja usahamu akan memiliki citra yang kurang baik kedepannya.

Coba kamu gunakan tips mudah ini untuk dipraktekan dalam menangani komplain dari pelanggan:

  1. Tidak Malu Meminta Maaf dan Ucapkan Terimakasih

Keluhan Pelanggan bisa datang kapan saja, kita harus siap menanganinya. Dengan cara harus menerima dan mendengarkan semua keluhannya, lalu tidak sungkan untuk mengucapkan maaf terlebih dahulu atas ketidakpuasannya dan berterimkasih atas kejujurannya untuk memberi kritik atau saran ke toko kamu.

2. Selesaikan Masalah dengan Memberi Solusi yang Tepat

Setelah kamu sudah mendengarkan semua keluhannya, tunjukan empati kamu kepada pelanggan. Lalu kamu harus segera menyeselesaikan masalahnya dengan memberi solusi yang cerdas dan tepat tanpa harus berdebat. Jangan sampai ditunda-tunda agar pelanggan tidak semakin kecewa.

3. Lakukan yang Terbaik Untuk Pelanggan

Jika sudah memberikan solusi yang terbaik dan berani bertanggung jawab atas komplain pelanggan, akan lebih baik lagi jika kita bisa mengobati rasa kecewa pelanggan dengan cara memberikan tawaran paket khusus secara gratis atau memberi voucher diskon. Mungkin dengan ‘bujukan’ seperti ini bisa membuat pelanggan menjadi senang kembali.

4. Semua Komplain Dijadikan Evaluasi

Catatlah semua komplain dari pelanggan, pelajari setiap keluhan-keluhan pelanggan kamu, baca setiap karakter pelanggan dan jadikan evaluasi. Kelak jika muncul kembali keluhan yang sama, kamu sudah tahu dan tidak perlu khawatir lagi karena sudah dapat rumus untuk menanganinya dengan baik.

Kemajuan usaha kita bisa berasal dari semua komplain pelanggan loh. So, komplain dalam menjalankan usaha sudah menjadi hal yang wajar dan perlu kita hadapi, bahkan dengan adanya komplain bisa membuat kita bisa belajar menjadi pengusaha yang lebih baik lagi dan bisa meningkatkan kualitas produk maupun layanan usaha kita kepada pelanggan.

Berterimakasihlah kepada pelanggan, jika tidak ada mereka usaha kita tidak ada apa-apanya. Perlakukan pelanggan sebaik mungkin untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap usahamu saat ini dan sampai nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here