Pinjammodal.id – Sahabat Pinjam Modal, di tengah pandemic global saat ini, banyak sekali masyarakat yang akhirnya jadi sadar sekali akan kebersihan. Hal tersebut sangat positive mengingat mungkin sebagian dari masyarakat kita cenderung bersikap acuh tak acuh dengan kebersihan. Hal ini berkaitan dengan maraknya pembelian secara besar-besaran untuk beberapa alat kesehatan seperti Masker, Sanitizer, Tissue basah, dan juga Disinfektan.

Apakah sahabat tahu, apa sih kegunaan Disinfektan? Dilansir dari Pharma Guideline, cairan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan membunuh kuman pada benda tak hidup. Pada umumnya, disinfektan digunakan untuk mensterilkan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri. Disinfektan juga berfungsi sebagai cairan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan tidak membahayakan untuk kesehatan.

Di tengah ketakutan masyarakat akan bahan bahan untuk membunuh virus, banyak masyakarat yang tidak mendapatkan persediaan untuk disinfektan. Namun kami ingin berbagi tips bagaimana cara membuat disinfektan sendiri? Caranya sangat mudah dan bisa menggunakan bahan bahan yang terdapat dirumah.

Yang perlu disiapkan adalah :

  1. Cairan pemutih pakaian / Pembersih lantai
  2. Air biasa

Caranya :

Campurkan cairan pemutih / pembersih lantai, dengan air biasa, perbandingannya 1 : 100.

Campurkan 2 sendok makan (30 ml) cairan pemutih untuk 1 liter air atau 2 sendok makan (30 ml) cairan karbol untuk 1 liter air (bisa pilih salah satu).

Bahan pemutih yang telah diencerkan ini dapat mendisinfeksi dalam waktu kontak 10-60 menit.

Langkah-langkah ini di benarkan oleh Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono.

Pastikan sahabat melakukan langkah-langkah di atas di ruangan dengan ventilasi yang baik atau idealnya dengan ruangan berjendela terbuka. Karena cairan pemutih dengan tingkat konsentrasi yang tinggi dapat mengeluarkan uap beracun sehingga tidak boleh digunakan di ruangan yang kecil dan tertutup.

Selamat mencoba yah, Sahabat Pinjam Modal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here