Tips Mengatur THR Dengan Bijak

55
Tips Mengatur THR Dengan Bijak

Image Source : Pexels.com

Banyak dari kita yang saat ini masih sangat beruntung mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kita bekerja. THR sering disebut juga sebagai gaji ke-13 bagi para karyawan. Tentunya bersamaan dengan bulan yang penuh berkah ini, mendapatkan THR bisa menjadi hal yang begitu menyenangkan bagi masyarakat.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Namun, perlu diingat bahwa kondisi perekonomian negara ini masih dilanda kesulitan akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga stabilitas perekonomian kita dengan cara menetapkan prioritas dan menyiapkan anggaran . Berikut adalah beberapa tips mengatur THR dengan bijak :

  1. Sisihkan THR mu untuk berzakat

Ketika kamu mendapatkan berkah dari tempat kamu bekerja, tentunya akan lebih baik jika kamu juga menyisikan sebagian dari pendapatan THR mu untuk berzakat kepada orang lain yang sangat membutuhkan. Kamu bisa memberikan berkah Ramadan dengan hati yang ikhlas. Percayalah selain membawa berkah, hal ini bisa membawa kebahagiaan bagi orang lain juga.

2. Gunakan THR untuk pelunasan utang

Menjelang hari raya, tentunya kamu ingin terlepas dari segala macam beban, termasuk juga beban utang. Pastikan kamu bisa menggunakan penghasilan THR kamu untuk melunasi utang yang ada. Selain perasaan lega, hal ini merupakan tanggung jawab kamu terhadap pinjaman dana yang sudah kamu terima, baik dari teman, keluarga, Bank, maupun aplikasi Fintech tempat kamu meminjam dana.

3. Penuhi kebutuhan keluarga

Kebutuhan keluarga baik orang tua maupun istri, suami, dan anak merupakan salah satu prioritas dalam hidup. Untuk itu berikan penghasilan THR mu untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tentunya kebutuhan pokok dan yang pasti berguna ya.

4. Membeli kebutuhan lebaran di UMKM Lokal

Menjelang hari raya pastinya terdapat beberapa kebutuhan yang biasa dibeli untuk merayakan hari yang fitri. Salah satunya adalah berbelanja busana muslim dan juga kue lebaran. Nah dalam hal ini, kamu bisa membantu para pelaku usaha UMKM lokal dengan membeli kebutuhan lebaranmu di toko mereka. Dengan itu, selain kamu mendukung UMKM, kamu juga membantu perkonomian Indonesia loh. Saat ini semakin banyak UMKM lokal yang kreatif dan juga mengedepankan kualitas produk mereka.

5. Simpan untuk Dana Darurat

Terakhir, tentunya selalu sisihkan setidaknya 10% dari pendapatan THR mu untuk dana darurat ya. Jangan habiskan dana THR begitu saja, tetapi tetap alokasikan untuk dana yang tidak terduga.

Baca selengkapnya : https://blog.pinjammodal.id/dana-darurat-penting/

Itulah beberapa tips mengatur THR dengan bijak. Semoga sahabat bisa mempraktekannya ya.

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here