Tips Usaha Kuliner mu Agar Tepat Sasaran!

179
tips usaha kuliner

Pinjammodal.id – Tahun 2020 adalalah tahun yang dipenuhi dengan tantangan-tantangan baru. Datanganya tantangan baru dibarengi dengan kesempatan baru pula. Ya, manusia bisa dibilang adalah makhluk yang selalu mencari kesempatan dalam kesempitan sehingga situasi sulit ini, ada saja yang memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Contoh kesempatan tersebut adalah dengan membuka usaha kuliner yang dengan mudah dapat dilakukan dari rumah. Nah kali ini PinjamModal akan memberikan Tips agar usaha kuliner mu tepat sasaran.

Usaha ini telah menjamur. Dari media sosial sendiri, banyak sekali ditemukan akun-akun baru yang secara khusus menjual produk kuliner. Jenis kulinernya pun bergagam, mulai dari jajanan kecil, makanan siap saji, hingga makanan berat yang menggoda selera. Meskipun terkesan mudah, namun usaha kuliner punya rintangannya tersendiri. Makanan yang tidak dapat bertahan lama adalah salah satu rintangan tersebut. Oleh karena itu, melakukan riset sangat dianjurkan agar kamu mempunyai trik dan tips usaha kuliner mu dapat berjalan dengan baik.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Walaupun usaha kuliner hanya membutuhkan modal sedikit untuk berjalan, kamu harus tau hal apa saja yang diperlukan untuk sukses dalam berusaha kuliner. Untuk itu, kami punya tips dan trik agar usaha kulinermu tepat sasaran.

  1. Terus lakukan analisis dan survei pasar

Sebenarnya setiap bisnis perlu analisis dan survei, namun untuk usaha kuliner tingkat keharusannya jauh lebih tinggi. Kenapa? Karena selera dan tren kuliner akan selalu berubah dengan waktu yang cepat. Ingat jajanan es milo kepal? Ya, tren tersebut meroket sangat cepat namun juga terjun dengan cepat pula. Oleh karena itu kamu harus melakukan penelitian jenis kuliner apa yang bertahan lama. Secara bersamaan, kamu bisa menjual produk yang sedang tren untuk menambah penghasilanmu hingga tren tersebut redup.

Melakukan analisis dan survei juga dapat membantumu melihar risiko dan pesaing bisnismu. Hal itu bertujuan untuk membuak peluang meningkatkan margin pasar dan menjaga customer loyalty.

  1. Pilih media penjualan

Sebelum masa pandemi, pemilihan tempat usaha yang strategis adalah hal wajib. Tapi dengan situasi seperti ini, kamu bisa memilih alternatif lain dengan membuka toko online. Kamu bisa menggunakan Instagram sebagai platform utama penjualan dan media sosial lain seperti Twitter, Facebook, dan Tik Tok untuk promosi. Kuncinya adalah buatlah promosi sekreatif mungkin sehingga dapat menarik perhatian calon customer. Jangan lupa untuk meminta bantuan teman dan rekan untuk promosi jualanmu ke media sosialnya masing-masing.

Jika pandemi sudah mereda, kamu bisa mulai mempertimbangkan tempat usaha offline di wilayah strategis. Kamu harus tau target pasarmu siapa dan tentukan tempat usaha berdasarkan target pasarmu tersebut. Sebagai contoh, kalau kamu menjual jajanan ringan yang harganya terjangkau, tempat sekitar sekolah atau kampus adalah pilihan yang tepat. Jika usahamu sudah cukup besar, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membuka franchise agar ekspansi usahamu dapat dengan mudah menyebar ke luar kota atau bahkan luar pulau.

  1. Perencanaan bisnis yang baik adalah kunci

Merencanakan tujuan bisnis untuk jangka pendek dan jangka pendek sangatlah penting. Hal ini berguna untuk membuatmu terus termotivasi untuk melanjutkan usaha dan membuat inovasi baru. Perencanaan yang bisnis yang matang akan membuat usaha kulinermu berjalan ke arah yang tepat.

Dari sisi keuangan, jika perencanaanya baik makan akan meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Untuk jenis makanan yang memiliki masa konsumsi singkat, perencanaan anggaran sangat krusial agar pengeluaran jadi efisien. Selalu realistis dalam menganggarkan pengeluaran untuk penjualan makanan juga sangat diperlukan. Modal yang dimiliki harus bisa menutupi seluruh kebutuhan yang dibutuhkan.

Lakukanlah tips tersebut agar usaha kulinermu bisa berjalan dengan baik dan dapat mengindari kerugian. Untuk itu, tunggu apa lagi? Segera mulai bisnis kulinermu dari sekarang!

Download Aplikasi Pinjam Modal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here