Pinjammodal.id – Presiden Joko Widodo telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19. Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah. “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).


Kutipan diatas adalah kutipan dari Presiden Joko Widodo dalam menanggapi Pandemi Virus Corona di Indonesia.

Dewasa ini, kerja remote/Kerja dari rumah sudah mulai banyak diadopsi oleh perusahaan startup dan bisnis kecil. Dengan membuat remote team, perusahaan dapat mempekerjakan spesialis di bidang masing-masing dari berbagai tempat dan tidak harus berada disatu kantor. Ini adalah salah satu metode efektif untuk menekan ongkos produksi namun meningkatkan produktivitas pekerja.

Apalagi Dengan keadaan di Indonesia saat ini yang kurang kondusif dikarenakan Virus Corona, Berikut ini tools yang bisa membantu Work from home ( WFH/Remote )  yang dapat Anda gunakan sebagai  penunjang kerja anda dari rumah. Dari beberapa tools ini ada yang gratis hingga Freemium dan subscription.

Tools Chat :

Slack

Kunci kerja remote yang efektif dan berhasil adalah komunikasi. Slack adalah aplikasi yang dapat Anda akses secara online dan menyediakan ruang chat yang dapat diakses oleh seluruh anggota tim remote. Slack merupakan aplikasi yang ideal untuk Diskusimembagikan data atau files, berbagi catatan, goals, dan project timeline.

Aplikasi ini juga menyediakan informasi terbaru yang berkaitan dengan industri Anda. Dengan Slack, Anda bisa memulai percakapan dengan semua anggota tim maupun privat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi third party seperti Skype, Zoom, Mailchimp dan lainnya.

Kamu bisa langganan Slack disini

Microsoft Teams

Anda dapat dengan mudah membuat sebuah channel untuk tim kerja di Microsoft Teams berdasarkan jenis proyek yang dikerjakan. Melalui platform yang tersedia, masing-masing anggota dapat bercakap-cakap dengan mudah melalui chat channel tersebut. Untuk percakapan yang bersifat privat, Anda dapat langsung menghubungi anggota tim terkait.

Menariknya, Anda juga bisa melampirkan dokumen, gambar, stiker, dan emoji di dalam chat. Dengan keunggulan ini, menjelaskan sesuatu kepada anggota tim akan lebih mudah dan tepat.

Kamu bisa berlangganan Microsoft Teams disini

Whatsapp

WhatsApp Messenger atau WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet. Whatsapp juga bisa menjadi Tools chat untuk kerja remote agar lebih efesien, selain bisa chat, Whatsapp juga bisa mengirim gambar,file audio,video telpon dan juga videocall, dengan ditambah fitur terbaru whatsapp yang bisa video call conference yang bisa hingga 4 orang video call dengan waktu yang bersamaan.

Whatsapp saat ini bersifat GRATIS . kamu bisa mendownload di Playstore atau Appstore

Video Conference Tools

Zoom Cloud Meeting

Aplikasi ini sangat cocok bagi teman-teman untuk melakukan video conference atau meeting bahkan webinar sekalipun. Beberapa fiturnya mempunyai kelebihan seperti bandwidth nya ringan bahkan tidak ada iklan satupun yang berseliweran hehe tentunya keganggu yaa serta memory yang akan dijalankan tidak mengganggu system PC atau Android. Kita juga bisa share slide presentasi kita dan bisa di simak oleh audience dengan baik dengan suara yang jelas bahkan bisa berkomunikasi dua arah.

Klik disini untuk informasi selengkapnya

Skype

Di Skype terbaru, panel chat lebih menonjol dengan posisi yang lebih mudah diakses. Di tampilan terdepan ada tiga panel utama, Find, Chat dan Capture. Find untuk mencari riwayat percakapan termasuk gambar dan lokasi, kemudian panel Chat menjadi pusat aktivitas percakapan dengan teman. Skype bisa menjadi pilihan untuk video conference ketika kerja remote

Klik disini untuk informasi selengkapnya.

File Sharing Tools

Google Drive

G Suite edisi Business dan Enterprise memberikan penyimpanan tidak terbatas sehingga Anda akan selalu memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua file Anda. Dengan administrasi terpusat, pencegahan kehilangan data, serta Vault untuk Drive, Anda dapat mengelola pengguna dan berbagi file secara mudah untuk memenuhi keperluan kepatuhan data. Dengan Gdrive ini, kamu bisa menyimpan file dan sharing serta mengedit beberapa file seperti google sheet, google Slide dan lainnya.

Google Drive  atau G Drive tersedia juga untuk versi GRATIS dan berbayar untuk mendapatkan storage yang lebih besar tanpa batas.

Human Resource Tools

Sleekr

Salah satu fitur unggulan Sleekr yang membuat platform ini menjadi favorit karyawan adalah kemudahan dalam mengelola cuti, lembur, dan absensi. Seorang admin tinggal meng-input seluruh data karyawan di Sleekr, untuk memudahkan perusahaan mengelola cuti, klaim, gaji,  PPh 21, hingga job description. Aplikasi Sleekr juga telah menyediakan job desc template untuk berbagai posisi yang umum di Indonesia.

Nah gimana? udah tau kan tools apa aja yang bisa membantu kamu kerja lebih produktif meskipun Work From Home.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here