Pinjammodal.id –  Berani untuk mulai membuka suatu usaha atau bisnis pastinya adalah langkah yang luar biasa untuk dilakukan. Apalagi bagi kamu yang belum pernah sama sekali memiliki pengalaman dalam bidang bisnis. Tapi dibutuhkan bukan hanya sekedar keberanian saja, melainkan dibutuhkan modal lainnya untuk memulai usaha.

Salah satunya adalah pengetahuan di bidang usaha. Kali ini, kita akan bahas seputar cara memasarkan produk yang akan kamu jual kepada para konsumen. Saat kita akan memasarkan produk, kita pasti akan menghadapi beberapa pilihan untuk melakukan pemasaran produk. Pastinya kamu akan mencari medium terbaik agar produk yang kamu ingin pasarkan benar-benar efektif dan tepat sasaran.

Dalam dunia marketing / pemasaran, terdapat dua Teknik yang cukup familiar ditengah masyarakat. Teknik terdahulu, yang sudah dilakukan oleh banyak brand-brand sejak dulu adalah Traditional marketing. Dan yang sedang berkembang pesat di era digital ini adalah Digital Marketing. Yuk kita simak apa sih perbedaan dari masing-masing Teknik pemasaran ini :

Traditional Marketing

Pada umumnya masyarakat Indonesia terutama generasi sebelum milenial, memilih Teknik ini sebagai andalan untuk memasarkan produknya. Yup! Seperti Namanya, ‘Traditional Marketing’, masih menggunakan metode yang konvensional dalam memasarkan suatu produk.  Contoh sederhananya yang paling umum kita ketahui adalah iklan dari majalah, koran, media cetak, papan reklame, brosur, atau menggunakan media elektronik seperti beriklan di televisi dan juga radio. 

Dinilai dari segi cakupan wilayah, dapat dibilang bahwa traditional marketing ini bisa mencakup wilayah yang cukup luas, dan dapat mencakup masyarakat yang mungkin belum benar-benar mengerti perkembangan digital. Namun dari segi biaya, traditional marketing memakan biaya yang cukup besar, diperlukan budget yang besar untuk melakukan traditional marketing, terlebih jika kita ingin membuat iklan di televisi. 

Dari segi target sasaran juga tidak dapat dituju secara personal, karena iklan yang ditampilkan dapat dilihat oleh semua orang, seperti billboard atau koran. Lalu traditional marketing ini juga bersifat satu arah, tidak dapat memunculkan interaksi dua arah. Dimana hal tersebut sangatlah penting bagi kita seorang product owner , yang ingin mengetahui reaksi dari konsumen atau orang yang melihat iklan kita.

Digital Marketing

Seiring dengan berkembangnya teknologi, Teknik digital marketing ini tentunya dilirik oleh banyak pihak. Kini banyak perusahaan yang mulai menaruh perhatian ke digital marketing ketimbang traditional marketing. Digital Marketing sendiri merupakan teknik pemasaran yang dilakukan melalui media elektronik (digital). Contoh digital marketing yang paling familiar seperti Instagram ads, Facebook ads, Youtube ads, Google ads, e-magazine, e-book, website, banner ads, dan sebagainya. 

Salah satu keunggulan dari menggunakan digital marketing adalah hasilnya lebih terukur dan dapat menyesuaikan target viewers / orang yang melihat iklan kita. Sehingga iklan kita dapat lebih tepat sasaran. Digital marketing juga merupakan cara yang sangat interaktif untuk menjangkau target sasaran, karena memanfaatkan berbagai media digital seperti media sosial yang bisa diakses oleh semua orang dengan mudah. Komunikasi dua arah juga akan dapat berjalan, kita juga bisa mendapatkan feedback secara realtime.

Dari segi biaya juga kita dapat menentukan budget dari awal kita memulai campaign atau iklan kita. Biaya untuk melakukan digital marketing dapat kita atur sesuai dengan budget marketing yang kita miliki. Itulah mengapa saat ini digital marketing lebih banyak diminati oleh para pebisnis, terutama yang baru merintis usaha baru. 

Pada dasarnya, seluruh kegiatan marketing ini memiliki tujuan yang sama, yakni membuat produk yang kita buat dapat dikenal di masyarakat.  Namun sebagai pebisnis, kamu harus dapat memilih mana Teknik yang dapat membantu binsis kamu lebih berkembang, tentunya dengan mempertimbangkan keunggulan dari kedua Teknik diatas ya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here