Usaha Tanaman Bikin Cuan

101
Bisnis Tanaman Bikin Cuan

Pinjammodalid – Setiap usaha yang dijalankan pasti memiliki pasang-surut. Terutama dalam hal pemasukan atau omzet. Berbicara mengenai usaha ditengah pandemi seperti saat ini, sudah begitu banyak masyarakat yang mengeluh akan merosot nya omzet secara drastis. Namun tidak semua pengusaha mengalami hal serupa. Salah satunya usaha tanaman yang saat ini bisa terus bikin cuan.

Shita Pratiwi adalah wanita dibalik toko online yang menjual berbagai macam tanaman hias dengan nama akun Instagram @greeneyes.id. Awal mulanya ia memang memiliki kecintaan terhadap tanaman hias, khususnya segala jenis kaktus. Sampai akhirnya Shita melihat adanya kesempatan emas, saat ia terpaksa harus bekerja dan berkegiatan dari rumah karena pandemi, hingga terciptalah toko online yang ia bangun dengan nama Greeneyes pada bulan Februari 2020.

Pada saat memulai usaha tanaman hias ini, Shita berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dari para pesaing, dengan memberikan pot yang unik dan kemasan yang ia jahit sendiri dengan tambahan bahan yang membuat tanaman dari toko onlinenya memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh penjual tanaman pada umumnya. Tentunya hal ini bisa menjadi contoh untuk para pengusaha agar dapat menemukan keunikan dari toko kamu.

Shita juga memberikan beberapa tips mengenai bekal apa yang perlu dimiliki oleh para pelaku usaha di zaman sekarang melalui berbagai pengalaman yang sudah dilalui oleh Shita selama satu tahun berjualan tanaman, yakni :

  1. Mindset, karena mindset merupakan fundamental terpenting dalam berbisnis. Jika kita sudah memiliki mindset yang tepat maka bisnis pun akan berjalan sesuai dengan mindset yang sudah kita tanamkan sejak awal,
  2. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sebagai pengusaha kamu harus mau mencari tahu tentang apa yang sedang naik daun, mengenai kesempatan yang ada dan juga peka terhadap setiap peluang yang ada,
  3. Fokus terhadap Value, hal ini haruslah lebih penting dibandingkan profit. Saat kita membuka usaha, apa yang ingin kita sampaikan kepada pembeli, Saat usaha kita memiliki value, maka profit akan mengikuti seiring dengan value yang sudah kita tanamkan,
  4. Konsisten dan sabar, Shita percaya dibalik kesuksesan seseorang pasti ada sikap yang konsiten dan juga sabar/
  5. Less is More , Saat kita memulai usaha, kita harus sudah mengetahui tempat dimana kita akan memasarkan produk kita. Karena zaman sekarang begitu banyak aplikasi ataupun platform yang bisa dipakai sebagai tempat berjualan, namun ada baiknya kita memilih satu atau dua platform saja, agar kita bisa lebih fokus dalam memasarkan produk kita.
  6. Terus Belajar, bagi para pelaku usaha, jangan pernah berhenti belajar, rajin untuk membaca buku ataupun mengikuti komunitas dimana kita bisa mendengarkan sharing dari orang-orang yang lebih berpengalaman.

Begitu banyak poin-poin yang Shita bagikan untuk para Sahabat Usaha. Tentunya hal ini pula yang membuat usaha tanaman saat pandemi bisa bikin cuan. Dengan memiliki mindset yang tepat, maka usahapun bisa terwujud meskipun ditengah situasi sulit. Shita pun berbagi pengalaman menarik perihal modal awal yang ia miliki, modal awal yang ia keluarkan saat itu nilainya tidak lebih dari 2 juta rupiah. Dengan modal itu, ia mengelolanya dengan sebaik mungkin hingga terus menghasilkan dan bisa sampai saat ini. Kini Greeneyes sudah mengirimkan tanamannya keseluruh Indonesia, bahkan hingga Singapore dan Malaysia.

Semoga kisah Shita bisa menginspirasi para Sahabat Usaha untuk tetap semangat ya! #BekaliLangkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here