Pinjammodal.id – Covid-19 atau Virus Corona telah menjadi pandemic yang membuat kewalahan hampir diseluruh negara di dunia ini.

Virus Corona pun tidak pandang bulu dalam memilih korbannya, dari anak kecil hingga orang tua pun bisa menjadi korban virus corona ini.

Juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pun mengimbau masyarakat yang masih berusia muda untuk tetap waspada.

”Meskipun masih merasa muda masih merasa kuat, perhatikan betul bahwa kita menjadi salah satu sumber penularan bagi keluarga kita,”‘ katanya seperti dilansir situs resmi Kementrian Kesehatan.

Sebelumnya, ada anggapan virus corona hanya akan menjangkiti mereka yang berusia lanjut. Namun menurut pemerintah, mereka yang masih berusia muda dan memiliki imun bagus juga rentan terkena.

Malah, mereka yang berusia muda rentan juga menjadi penyebar virus. Pasalnya, meski telah terjangkit, tidak ada gejala medis yang dirasakan.

‘Inilah menjadi hal yang mendasar sehingga persebarannya semakin cepat. Apabila ini menular ke saudara-saudara kita yang usianya lebih tua dan rawan maka ini akan menjadi masalah yang serius untuk keluarga kita,” katanya

Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekular Eijkman, Herawati Sudoyo membeberkan alasan orang berusia 45 sampai 65 tahun memiliki angka kematian tinggi akibat virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan korban virus corona meninggal terbanyak berada di rentang usia 45-65 tahun.

Herawati mengatakan banyak studi membuktikan bahwa sistem imun sebagai perisai tubuh dari segala macam penyakit tidak sekuat ketika usia muda. Oleh karena itu, usia 45 sampai 65 tahun mudah terserang penyakit.

“Ada perubahan sistem imun pada usia lanjut. Pada suatu studi untuk melihat aspek imunologi dan epidemiologi penyakit infeksi di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) di Amerika Serikat, tampak bahwa ada peningkatan insiden yang berhubungan dengan umur terkait penurunan sistem imun,” kata Herawati saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (24/3).

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda seharusnya lebih peka terhadap hal ini, generasi muda yang sebagian nya merasa dan menganggap enteng virus corona, sebenarnya adalah yang paling berbahaya, mereka mungkin tidak merasakan gejala atau bisa bertahan dengan virus corona, tetapi tolong diingat, kita hidup bukan generasi muda saja, banyak orang yang rentan dengan virus ini yang hidup di sekeliling kita, orang tua kita, nenek dan kakek kita, sayangi mereka dengan pola hidup bersih dan tetap dirumah aja. Dengan mengikuti anjuran himbauan pemerintah, berarti kita juga ikut serta membantu meringankan para tenaga medis Indonesia dan juga merupakan bentuk sayang terhadap orang tua dan keluarga kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here