Pinjammodal.id Pulau Kalimantan merupakan pula terbesar kedua di Indonesia, dan di gadang-gadang akan menjadi Ibu kota baru menggantikan Jakarta loh. Tapi kamu tau gak sih kalo Pulau yang biasa juga di sebut dengan nama Borneo itu juga memiliki beragam jenis kuliner yang memanjakan lidah loh. Mau tau lebih lanjut, ini dia Makanan Khas Kalimantan :

Hekeng

https://blog.pinjammodal.id/ibu-kota-pindah-cari-tahu-pilihan-lokasinya/

Hekeng merupakan masakan khas Tiongkong-Pontianak, biasanya hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging mulai dari daging babi sampai udang. Rasanya mirip dengan siomay atau mirip seperti gohyong, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap bersama kuah dengan cita rasa asam manis.

Bubur Pedas

Bubur ini biasa juga disebut dengan nama Bubur Sambas. Kuliner ini cukup banyak ditemui di daerah Kalimantan Barat. Seperti Bubur Manado, Bubur Sambas juga dimasak dengan aneka sayuran. Hanya saja jenisnya berbeda, yakni kangkung, pakis, dan daun kesum. Boleh juga dimodifikasi dengan sayuran yang lainnya.

Chai Kue

Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terpengaruh budaya Tiongkok. Makanan gurih dengan isian lobak dan ebi ini punya rasa unik. Biasanya Chai kue dimakan bersama sambal yang khas dengan rasa pedas dan asam. Makanan khas Kalimantan ini jadi salah satu makanan yang paling digemari oleh orang asli Pontianak.

Mandai

Bagi masyarakat Kalimantan, khususnya masyarakat Banjar, Mandai terdengar tidak asing dan bahkan sangat terkenal. Mandai adalah sebutan untuk kulit cempedak yang sudah melalui proses fragmentasi. Masakan olahan yang bahan utamanya adalah kulit cempedak ini bisa dijadikan lauk menemani makanan utama seperti nasi, rasanya sangat nikmat dengan tekstur berserat serta lembut, kelembutannya tergantung seberapa lama kulit cempedak di rendam. Kalau Yogyakarta punya gudeg yang terbuat dari nangka, Kalimantan memiliki mandai yang terbuat dari cempedak.

Itu dia Makanan khas Kalimantan yang menarik untuk kamu coba. Selain di gadang akan menjadi Ibu Kota baru, Kalimantan juga memiliki ragam makanan yang menarik untuk di coba saat kamu travelling ke Kalimantan.

Author by : Devina Mulya
IG : @devinamulya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here